In My Life

This slideshow requires JavaScript.

 

Aku lupa gimana rasanya dulu saat pertama kali masuk bangku taman kanak-kanak. Yang aku inget dulu cuma aku TK 2 tahun, pas aku TK 0 kecil aku suka bgt ma nari-nari gt, dan waktu acaran perpisahan anak TK 0 besarnya aku nari kecil. Masih inget banget dulu aku lupa gerakannya, padahal gerakannya Cuma loncat-loncat lari-lari ke kanan ke kiri ke kanan lagi, gitu terus deh. Dan aku inget dulu aku seneng banget main perosotan, saking ingetnya aku sampe inget temenku yang juga suka maen perosotan jatuh sampe kakinya digips. Habis itu aku jadi agak takut main perosotan. Dulu waktu masih 0 kecil, aku jg suka banget tiap jumat ditunggui ibu, bawa bekal gitu. Trus aku dulu jg suka masuk sekolah karena baju seragamnya lucu, kaya sailormoon gt. Tiap hari sabtu ga usah bawa bekal soalnya dimasakin ma ibu guru, kadang bubur kacang ijo, sampe sate lho….

Trus yang aku inget jg dulu waktu aku TK 0 besar aku jg nari, nari kya jaipongan nyai ronggeng sama tari merak. Yang tari merak itu aku agak lupa. Nah yang pas tari nyai ronggeng itu, aku inget banget kita yang nari pada pake kacamata item, dan bingkaiku itu lope alias bentuk lope lope gitu, framenya warna merah lagi,, kalo inget jd pengen ketawa,, wkwkwkwk… trus dulu waktu olahraga, pernah kita semua pada lari sepanjang panjang dari lapangan sepak bola coz belakang Tkku itu ada lapangan sepak bola yang dulu sampe aku SMP masi dipake buat pertandingan antar kampung ato kecamatan gt deh… dan sekarang udah berubah jadi jalan tol (proyek jalan tol Semarang-Solo). Trus sebelum perpisahan juga sempet ada piknik kelas satu bis, kalo ga salah ke Magelang ato ke Jogja gt, lupa.

Dan lalu, tiba saatnya memasuki dunia Sekolah Dasar. Aku didaftarin di SD Kalirejo 2 yang terkenal dengan ga terkenalnya, soalnya muridnya dikit. Tapi aku emang sengaja disekolahin disitu karena satu, sekolah yang deket TKku dulu itu muridnya banyak banget, dua, karena jaraknya lebih deket dan lebih aman perjalanan kesananya. Rasanya seneng banget dulu waktu dibeliin baju seragam merah putih sama pramuka. Dan hal yang paling aku inget saat kelas 1 adalah, temenku yang pup di kelas, cowok pula, kaga malu ya dia. Dan dulu pas kelas 1 itu karena mungkin lagi adaptasi ma lingkungan baru akademikku kurang bagus pertama itu aku dapet perringkat 6. Tapi peringkatku naik terus.  Sampe saat kelas 2 cawu 2 (dulu sistemnya masih cawu), tiba-tiba aku langsung peringkat 1 (dari 26 siswa )dan ortuku seneng banget, dibuatin syukuran deh aku. Dan terus bertahan sampe kelas 5 kalo ga salah aku sempet turun ke peringkat 2 karena waktu itu ada anak pindahan dari Semarang. Tapi habis itu aku bisa kembali lagi. Waktu kelas 3 awal, aku sempet kena musibah. Pas itu aku baru bisa naik sepeda roda dua tapi yang besar n tinggi. Tengah hari, aku coba-coba naik sepeda di jalan ke arah timur. Trus kan ada pertigaan ke kanan n ke kiri, aku mau puter balik pulang ke rumah, eh aku mbelokin sepedanya terlalu cepet, n aku jatuh ke arah kanan, dan itu aku jatuh pas di tengah-tengah pertinggan itu. Untungnya ga da kendaraan, aku bisa berdiri trus kakekku nolongin aku, langsung lari (jarak dari rumah cm krg lbh 150an meter). Tapi tangan kananku ini lemes banget. Ternyata tulang lengan di sikuku tergeser. 1-2  minggu aku ga sekolah sampe dijenguk wali kelas n temen-temen sekelas, aku malu, hehe…

Pas masuk, jreng…… pelajaran matematikanya adalah pembagian dan itu baru diajarin waktu aku ga masuk. Masuk2 langsung ulangan, alhasil aku langsung dapat nilai merah, hehe…. tapi habis itu aku bisa adaptasi lagi… masa-masa dulu itu waktu SD emang nyenengin, Cuma, kadang suka ad cerita2 aneh gt, yah mistis2 gt lah ala anak kecil,, tapi ya udahlah,,, pernah juga dulu waktu kelas  4 ato 5 ya, kan aku ikut paduan suaranya buat upacara, nah aku tu paling depan sendiri, ngadep timur lagi. Waktu itu pembina upacaranya lama banget ceramahnya, trus tb2…. kliyengan gt… dan duuuuk!!!!!! Udah ga krasa apa2. Tau2 udah di UKS. Yap, aku pingsan untuk pertama kalinya. Pengalaman lah yaaa,, hehehehe

Dan, inget juga saat2 jadi pengibar bendera waktu SD dulu…. trus pas kelas 6 juga… tiba2 udah ujian aja… dan Alhamdulillah, aku bisa lulus terbaik seSDku.. (wajarlah ya orang cm 26 orang)…

Aku mau berbangga nihhh,,, dulu waktu TK aku pernah ikut lomba melipat kertas alias origami lho,,, juara 3,,, walopun sekecamatan,, tapi aku dulu yang paling jago di TKku,, hahahaha dan waktu kelas berapa SD gt aku pernah ikut lomba mapel tingkat kecamatan, IPA, tapi ga lolos pas ujian tertulisnya, yah gapapalah…

Dan yang dulu aku seneng banget tuh, dari TK mpe SD aku sering banget piknik, dapet piknik gratis juga sering dari tempat kerja bapak ibuku,, seringnya sih ke Magelang n Jogja, ya wajar lah cm piknik sehari…

Dan waktu kelas 6 aku sempet ikut les bahasa Inggris di BBC tiap sore, seminggu dua kali. Aku cm les 1 tahun, dapet 2 tingkat. Dan waktu akhir tahun kita piknik lagi, aku waktu itu perrgi ma bapakku, ke Jogja, Prambanan, Keraton, n Malioboro. Waktu di Prambanan, kita disuruh ngobrol ma turis asing, kita dikasih form, kita diminta wawancara singkat ke turis2, dan aku yang paling banyak dpt tanda tangannya. Dapet hadiah coklat. Hehehe…..

Sampai saat hingga aku harus mutusin buat mau sekolah d SMP mana. Aku bilang aku pengen sekolah d SMP 1 Ungaran, tapi bapakku bilang ke SMP 2 aja, soalnya khawatir karena SMP 1 itu favorit dan yang masuk disitu yang banyak dari SD unggulan juga, SDku kan cm SD inpres. Tapi aku nekat juga buat ikut tes masuk SMP 1. Dan ternyata aku lolos dong…. ga jelek2 amat lagi,,, mungkin peringkat 50 persen terbaik…

Masa adaptasi waktu SMP sih cukup gampang,, anak2nya juga baik2… dulu aku dapet kelas 1 D, bareng temennku Susan, Ica, Nurul (temen SD juga), dan banyak lg… ekskul yang wajib tu pramuka. Padahal aku paling ga suka bgt soalnya anak2 DP (Dewan Penggalangnya) yang sok galak,, hahaha piiiissss,,, dan ekskul pilihan yang aku pilih adalah karawitan sama Susan. Waktu pertama itu kita dapat alat yang namanya Kempul (kaya bonang, tapi lebih besar n digantung). Kita juga main pas wasana warsanya kelas 3, mainin sendratari gt… kolaborasi ma anak ekskul tari…

kelas 2 aku masuk di 2 E, dan aku sebut sebagai kelas NERAKA, karena yang masuk disitu tu anak2 yang pinter2, yang dulunya dari SD unggulan, n suka menang lomba mulu… disitu aku punya temen deket dan masi sekelas ma Susan, yang lainnya Reva, Nova, n Dzurry (Almh.), dulu kita sering jajan bareng2, jalan bareng2. Dan nova ma Dzurry ikut ekskul karawitan juga. Nah, pas naik kelas 2 aku dapet Bonang penerus. Dan pas kelas dua juga kita semua ada study tour ke Jakarta , Bogor, Bandung…

kelas tiganya kita balik lagi kaya waktu kelas satu, 3 D. Dan kita semua pada giat dan rajin belajar…… waktu itu aku inget bgt, ada lomba LCC bahasa Inggris untuk memperingati hari bahasa. Aku sama 2 orang temenku ngewakilin kelas buat LCC itu, dan lumayan lah juara 2, haha. Beberapa bulan setelah masuk kelas 3, ada pengumuman dari sekolah kalo sekolah lagi ad program buat mencapai target lulusan dengan nilai sempurnya, makanya tiap kelas dipilih beberapa wakil buat ikut program itu, ada kelas bahasa Inggris , kelas Matematika, n kelas Bahasa Indonesia. Tiap siswa ikut 1 kelas aja, jd di kelas itu lebih dibimbing lagi, n dikasih pendalaman materi,, emang sih kesannya jadi eksklusif banget, dan kasian banget buat siswa yang ga masuk tiga2nya.. waktu itu aku dipilih buat masuk bahasa Inggris. Tapi pada akhirnya,,, bahasa Inggrisku di UAN jg cm 9 koma sekian.. yang 10 malah Matematika…. tapi ya bersyukur aja sihhhh…

sebenarnya dengan NEM segitu aku bisa masuk SMA negeri di Semarang kaya SMA 3 atau 4, tapi aku udah ikut sejenis PMDK ke SMA 1 Ungaran n udah keterima, ya ga jadilah. Lagian aku ga ngebayangin kalo aku sekolah d SMA 3 Semarang mau berangkat jam berapa n bakal nyampe rumah jam berapa coba aku… hehehe

dan akhirnya aku masuk SMA 1 Ungaran. Waktu MOS aku ada di kelas 10-8… MOSnya menurutku jga ga lebaik, paling2 tasnya tas kresek item besar pake slempangnya tali rafia yang dikepang, trus kaos kaki panjang yang kaki kanan warna putih satunya item, n rambut yang dikuncir2 gt… tapi aku ga selamanya d kelas 10-8 karena habis itu aku milih masuk kelas Imersi aja (RSBI). Imersi 2. Tau gak alasan knp aku milih masuk imersi? Alasannya sama persi sama alasannya sihu yahya, hahaha, coz aku ga mau dapet guru matematika yang waktu itu pernah ngajar sekali di kelasku. Ga enak banget. Ga asik banget…. nget nget nget….. hahahaha

enak sih, walopun bayarnya lebih mahal,hehehe….

sekelas Cuma 24 orang, jadi kekeluargaannya lebih kental bgtt ga kaya kelas reguler yang 40an orang, jd ga bs deket ma smw penghuni kelas, apalagi ada jg yg nge-genk gt… kalo di imersi nge-genknya jg cm satu kelas itu, 24 doank…. walopun katanya imersi tu pengantarnya pake bahasa inggris tapi nyatanya jg ga gt2 jg… tetep pake bahasa indonesia, masih rintisan sih, angkatanku baru angkatan ketiga bwt program itu. Aku bingung dulu mau ikit ekskul apa, soalnya ga da yg asik, pengen karawitan sihhh, akhirnya kelas satu itu aku mutusin buat ikut paduan suara,,, pernah juga ngisi wasana warsanya kelas 3 dan itu aku harus pake kebaya n high heels, cape deh…. trus kita (cm kelas imersi), ngadain fieldtrip sendiri keKetep Pass,  Jogja, Prambanan, Parangtritis, dan Malioboro…

dan naik ke kelas 11, aku di 11-2. Personil kelasnya sih ada yang ganti2. Tapi di kelasku cm jd 22 orang doang soalnya ada yang pindah kelas reguler n ada yang keluar sekolah alias pindah sekolah 2 orang… dan yang paling seneng itu pas kelas 2 ada study tour ke Bali… ke Tanah Lot, Benoa, Kutha, Joger, Ubud, Sanur, Danau itulah apa lupa namanya, n tentunya Sokawati. Kurang puas sih, orang cm 3 disana… tarlah ya ke Bali sendiri waktu honeymoon biar puas (tapi kayanya udh ga jaman deh kalo honeymoon di Bali… hehehehe)…. waktu kelas 11 aku pindah ekskul jd KIR, karena bosen nyanyi2 mulu, hahaha, pas di akhir tahun, kita anak2 KIR  ngadain fieldtrip ke Bandungan, ke usaha tahu Serasi n Torakur, habis itu ke Umbul Sidomukti buat naik flying fox,,, edaaaa….. baru sekalinya naik flying fox, langsung menyeberangi 2 bukit, 2 bukit! Tinggi bgt,,, daaaann dingiiiin banget,, habis itu makan n pulang……

dan tidak terasa naiklah aku ke kelas 12,,, senior,,, hahahaha,,, dan sekarang aku ad di 12 IPA 1. Diacak lagi,, tp ya, udah saling kenal ini, orang kalo diacak jg cm 2 kelas, hehehe,, dan aku rasa gabut bgt waktu kelas 3, pas pelajaran bahasa inggris aja sering bgt ke ruang Mulmed, nonton…. hahahaha,, dan waktu pelajaran PPKn kita malah kya training motivation gt terus soalnya diputerin video training ESQ ma guru PPKnku (mungkin habis ikut trainingnya x ya…). dan sering banget jam kosong, alhasil kerjaan kita adalah jajan ke kantin ato ke koperasi, nonton film, foto-foto, dan main UNOOOOOO…. hahahaha…. aku jg sempet ikt try out STAN di Semarang sama temen2 sekelas, naik motor, nebeng, hehehe soalnya dulu aku kya pengen bgt masuk STAN, eh,,, beberapa saat kemudian keinginan itu luntur dengan sendirinya ga tau kenpa,, hahaha

dulu itu juga sering bgt main ke BK saking ga da kerjaannya,,, nanya2 ada pendaftaran PMDK apa ga (sebenernya itu sih alibi biar guru Bknya ga curiga), dari Undip, UGM, n UKSW, sampe nemu n nyantol deh ke IPB. Ga tau dulu kenapa aku daftar USMI IPB, ga da alasan khusus, cm coba2 aja, kalo masuk ya Alhamdulillah, ga usah ikut SNMPTN atau UM lainnya deh,,, males belajar lagi soalnya, hehehe.. dan aku ga tau kenapa dulu pilihan pertamaku adalah Departemen Agronomi dan Hortikuktura karena dulu aku sama sekali ga tau apa2 tentang IPB apalagi AGH, makanan apaan tuh????? Dan sampai pada hari pengumumannya,, awalnya aku was2 ga masuk soalnya temenku sekelas juga ada yang daftar AGH, takut aku ga masuk soalnya akademik kita juga ga jauh2 beda…. ehhhh ternyata ak ma temenku sekelas itu masuk,, tapi dya ga diambil… 5 orang yang keterima, tp cm 3 yang diambil termasuk aku, habisnya aku mls belajar bwt UM lagi sih… hehehe

tibalah saatnya perpisahan….

sedihh, apalagi klo ama yang dari kelas 10 mpe kelas 12 sekelas mulu…. udah deket juga…. kita bakal misah2… hiks…..

tiap ada pertemuan pasti ada perpisahan… begitulah hidup….

 

dan aku memulai awal baruku hidup sendirian jauh dari keluarga di kota ini, di Kampus ini….

aku berani mengambil risiko jauh dari keluarga, dan waktu minggu2 pertama di asrama rasanya ga menyenangkan,, bukan masalah ma temen2nya,, tapi,,, aku masih suka nangis…. sedih jauh dari keluarga, orangtua….

dan akhirnya semua itu bisa aku hadapi dengan baik,,,,

J

Disinilah aku mulai belajar untuk survive,,,, meraih cita2 dan impian,,,, masih ada 1,5 tahun lagi studiku disini,,,,

I’ll enjoy it….

Terima kasih untuk kalian semua yang telah hadir di dalam kehidupanku sampai detik ini,,, memang tidak aku ungkapkan di hadapan kalian, namun asal kalian semua tahu bahwa aku sangat menyayangi kalian….

 

Leave a Reply

