daftar nilai kelompok dastekben 2012/2013

silahkan download disini ya teman2 :)

 

KELOMPOK DASTEKBEN HARI KAMIS

KELOMPOK DASTEKBEN HARI SENIN

KELOMPOK DASTEKBEN HARI SELASA SORE

KELOMPOK DASTEKBEN HARI SELASA PAGI

 

kalo yg ada nilainya tinggal dihapus aja nilainya, jangan lupa kasih judul praktikumnya teman2…

makasih,,,

tolong segera kirim ke email saya

herliyanaindahwardani@gmail.com

usahain sebelum UP dastekben ya….

dan untuk yg laporannya baru dikumpul tgl 3 jun,, dikirimnya A.S.A.P setelah dinilai yaaa…

BACANYA ->

NAMA -> NILAI UP -> NILAI AKHIR PRAKTIKUM

INTAN SHELLA HERDIATY 73
DEA RAHMA 73 84
DIMAS PRASETYO 82 86
ANISAH M SHALIHAH 95 91
ANDIKA RAHMATILLAH Y 92 89
DWI RAHMAWATI 87 88
MUTHIA DWI NOVAWATY 86
BETHARINA PUTRI RAMADHANI 96 90
AYU LARAS PURNAMASARI S 90 89
DIAH NURAMALINA 95 90
DARA FIYANKA KHAIRUNISA 91 88
YAHYA RAMADHANA 76 84
ADITIA YOGA PRATAMA
SUTILAH 66 83
TRI YUNIANTO 89 89
AZIZ  RAMDANI 76 85
NISA MI’RAJUN MUPPARIQOH 86 89
ELDORA KURNIAWAN 91 89
ZAINAB 84 85
ANISA NURRAHMAWATI 73 85
ANDREAS HARISON MANURUNG 75
NISA AGNIA ZELDA 86 88
INDAH RATNASARI D 79 87
WISNU RAHADIAN FIRWI 69
AISYAH ZAFIRA 75 86
DINI NOVITA ANGGRAINI 94 91
ACHMAD GUS FAHMI 84 88
RAZETHY RAHAYU BATUBARA 90 89
NATHANIEL V PASARIBU 81 87
NENDEN PRATIWI HADIYANTO 91 91
VIVIE SUNDARI 89 91
EGI IRWAN 79 86
M. FREDY NURSETO 68 81
ODE KUSTRIANI ATMAJA 81 86
FITRI JUARIAH 69 82
MUHAMMAD RAKA M. 76 84
ILHAM AULIA FAHMY 84 87
SHELLAFURI BIRU MARDIKA 79 86
DWIA PUNGKY ARUMDANI 86 88
WIEKE AULIA PUTRI 81 86
IRFAN ZIDNY 72 84
DEFRIANI PUTRI 82 87
GHIFFARY YUTHIAN 71 83
DIARDIAN FEBIANI 88 89
BAYTI NURJANATI 80 86
AMELIA INDRIANI 91 89
NOVITASARI 72 83
ROJALI FADILA 78 86
FEBRI RAMDHIANI 88 89
ELLA DEFFI LESTARI 88 88
DESI ROSDIANA 90 91
SITI FEBRIANTI 85 88
YAHYA RAMADHANI 63
YANTI FAJARWATI 85 88
GEMPUR IRAWAN SUPENA PUTRA 78 86
NAVIA BELLADINA 84 88
RIZQY FACHRIA 90 88
M. Rizky Fadila 61

 

NOTE: nilai akhir yang belum tercantum artinya nilai laporannya belum lengkap, tolong segera kirim ke saya via sms hari ini juga. besok mau saya serahkan nilainya. MAKASI.

TUGAS REMEDIAL KUIS Q05.2

1.    PENGUKURAN MOLEKUL CO2 HASIL RESPIRASI MANUSIA
A.   NILAI KUIS DIBAWAH 50

NRP G24120080

TUGAS:

Buat ESAI mengenai PERNAPASAN MANUSIA disertai ILUSTRASI GAMBAR dan sertai juga KEMAJUAN TEKNOLOGI di bidang ini serta APLIKASINYA. Panjang ESAI minimal 4 halaman. CANTUMKAN REFERENSI/PUSTAKA!

B.   NILAI KUIS 50-70

NRP G14120079, G24120044, G44120022, G44120037, G54120014, G54120073, G74120019, G64120113, G64120107, G74120004, G74120036, G74120044, G84120017, G84120030

TUGAS:

Buat ESAI mengenai KEMAJUAN TEKNOLOGI di bidang yang tersebut di atas beserta aplikasinya. TANPA ilustrasi gambar. HANYA tulisan. Panjang Esai minimal 2 halaman. CANTUMKAN REFERENSI!

 

2.    PERSAINGAN ANTAR TANAMAN BERBEDA JENIS
A.   NILAI KUIS DIBAWAH 75

NRP G14120063, G14120078, G14120072, G64120046

TUGAS:

Buat ESAI mengenai Sistem Budidaya Tanaman TUMPANG SARI. Analisis secara ilmiah mengapa terdapat perbedaan (tinggi dan diameter tanaman serta hasil panen) antara tanaman yang ditanam TUMPANGSARI dan MONOKULTUR. Panjang ESAI minimal 2 halaman. CANTUMKAN REFERENSI!

 

3.    KEANEKARAGAMAN GANGGANG
A.   NILAI KUIS 20-50

NRP G14120072,G44120022,G44120037,G44120057,G44120102,G44120104, G54120073, G74120044,G84120027, G84120030, G74120077,G84120050, G84120084, G84120054, G84120058, G84120059, A14100019

TUGAS:

Cari keenam gambar yang dipraktikumkan (Sargassum, Ulva, Spirogyra, Gracilaria, Entheromorpha, Caulerpa) di Internet, gambar harus JELAS MENUNJUKKAN BAGIAN-BAGIAN PENTING Ganggang. Ukuran masing-masing gambar minimal 7cm x 5cm(panjang x lebar). CANTUMKAN KLASIFIKASI mulai dari Kingdom, Divisi, Kelas, Ordo, Famili, Genus dan Spesies di bawah masing-masing gambar ganggang. CANTUMKAN SUMBERNYA!

B.   NILAI KUIS 55-70

NRP G14120059, G14120078, G24120022, G24120031, G24120044, G44120062, G44120041, G44120064, G44120085, G44120098, G441200110, G54120014, G54120055, G64120046, G64120057, G64120106, G64120064, G64120060, G64120113, G74120036, G84120017

TUGAS:

Cari keenam gambar yang dipraktikumkan (Sargassum, Ulva, Spirogyra, Gracilaria, Entheromorpha, Caulerpa) di Internet, gambar harus JELAS MENUNJUKKAN BAGIAN-BAGIAN PENTING Ganggang. CANTUMKAN NAMA ILMIAH (Spesies) di bawah gambar ganggang yang dimaksud. CANTUMKAN SUMBERNYA!

 

4.    TRANSPIRASI TUMBUHAN
A.   NILAI KUIS 20-45

NRP G24120022, G44120057, G44120104, G54120073, G74120036, G84120030, G74120077

TUGAS:

Buat ESAI mengenai TRANSPIRASI TUMBUHAN, cari pustaka kenapa jumlah STOMATA pada bagian ADAKSIAL dan ABAKSIAL serta antara DAUN HIJAU, MERAH,UNGU atau warna kombinasi BERBEDA. ANALISIS secara ILMIAH. Panjang ESAI minimal 3 halaman. CANTUMKAN REFERENSINYA!

B.   NILAI KUIS 50-70

NRP G84120050, G84120084, G84120054, G84120058, G84120059, A14100019, G74120044,G84120027, G74120019, G64120064, G54120055, G64120021, G64120046, G64120057, G441200110, G54120014, G44120085, G44120089, G44120077, G44120041, G44120062, G14120072.

TUGAS:

Buat Esai mengenai METODE lain untuk menghitung LAJU transpirasi dan JUMLAH STOMATA diluar metode yang telah dilakukan waktu Praktikum beberapa waktu yang lalu. Tulis dalam bentuk PARAGRAF (JANGAN POIN-POIN). CANTUMKAN REFERENSINYA!

 

5.    KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN
A.   NILAI KUIS 40-55

NRP G14120072, G54120055, G64120057, G64120077, G64120106, G64120064

TUGAS:

Cari GAMBAR Bryophyta, Pteridophyta, Gymnospermae, Angiospermae Monokotil dan Angiospermae Dikotil masing-masing 1 spesies saja dari INTERNET. Gambar spesies tumbuhan yang dicantumkan untuk tugas remedial ini harus BERBEDA dengan spesies tumbuhan yang digunakan waktu praktikum. Dibawah masing-masing gambar cantumkan KLASIFIKASINYA mulai dari Divisi, Kelas, Ordo, Famili, Genus dan Spesies. Ukuran gambar minimal 7cm x 5 cm. Harus JELAS! CANTUMKAN SUMBERNYA!

B.   NILAI KUIS 60-70

NRP G74120044, G64120113, G64120107, G64120060, G64120021, G54120027, G441200104, G24120046, G24120044, G14120059.

TUGAS:

Cari GAMBAR Angiospermae monokotil dan Angiospermae dikotil masing-masing 2 spesies. Gambar spesies tumbuhan yang dicantumkan untuk tugas remedial ini harus BERBEDA dengan spesies tumbuhan yang digunakan waktu praktikum. Dibawah masing-masing gambar cantumkan KLASIFIKASINYA mulai dari Divisi, Kelas, Ordo, Famili, Genus dan Spesies. Ukuran gambar minimal 7cm x 5 cm. Harus JELAS! CANTUMKAN SUMBERNYA!

 

 

KETENTUAN

  1. Semua tulisan, baik yang digunakan pada ESAI dan Penjelasan GAMBAR menggunakan tipe huruf TIMES NEW ROMAN, untuk TUBUH tulisan ukuran font 12pt, untuk JUDUL 14pt. Untuk tugas remedial ESAI, margin 3-3-3-3 sedangkan untuk tugas remedial GAMBAR margin 2-2-2-2. Spasi 1,5. Untuk paragraf dalam ESAI, alignment JUSTIFY (rata kanan kiri).
  2. Perhatikan jumlah kalimat dalam satu paragraf saat membuat ESAI. Satu paragraf terdiri atas 5-7 kalimat efektif.
  3. Perhatikan aturan penulisan nama ilmiah yang benar. Nama spesies tulisannya harus italic, contoh: Oryza sativa.
  4. Judul praktikum yang di-remed ditulis di KIRI ATAS, tulisan ditebalkan (BOLD), font ukuran 12pt, rata kiri (Alignment LEFT).
  5. NAMA, NRP dan KELOMPOK ditulis DIBAWAH judul praktikum yang di-remed, font ukuran 12pt, rata kiri (Alignment LEFT).
  6.  Dibawah tulisan KELOMPOK cantumkan kelompok remed (misal NILAI KUIS 55-70).
  7. Untuk setiap judul ESAI atau jenis tugas  ditulis KAPITAL dan rata tengah (Alignment Centered)
  8. Di bagian akhir, cantumkan ‘REFERENSI’ atau DAFTAR PUSTAKA. Contoh penulisan DAPUS akan dilampirkan.
  9. Tugas dicetak pada kertas BERUKURAN A4.
  10. Dikumpulkan pada Praktikum Terakhir, tanggal 21 Mei 2013.

 

Contoh Penulisan Daftar Pustaka

Buku Teks (Textbook)

Copeland LO, McDonald MB. 2001.  Principles of Seed Science and Technology. 4th Edition. London (GB): Kluwer Academic Publishers.

 

Jurnal Penelitian

Sutariati GAK, Widodo, Sudarsono, Ilyas S. 2006. Karakter fisiologis dan keefektifan isolat rizobakteri sebagai agens antagonis Colletotrichum capsici dan rizobakteri pemacu pertumbuhan tanaman cabai. Kultura 41 (1) : 28-34.

 

Skripsi/Thesis/Disertasi

Nikamasari H. 2009. Evaluasi karakter vegetatif dan generatif serta daya hasil 11 genotipe cabai (Capsicum annuum L.) di kebun percobaan IPB Tajur. [skripsi]. Bogor (ID): Institut Pertanian Bogor.

 

Artikel Internet

Badan Pusat Statistik. 2012. Produksi Sayuran di Indonesia [terhubung berkala] http://www.bps.go.id/tab_sub/view.php?kat=3&tabel=1&daftar=1&id_subyek=55&notab=26        (18 Oktober 2012)

Materi kuliah tanaman buah

downloadnya bisa ke link ini

Mangga

TAN BUAH MANGGIS

ASPEK-PENTING [(MODUL-1]

ASPEK-PENTING [(MODUL-1]

Modul6-PanendanPascapanen

Agribisnis Buah-buahan 2012

PERTUMBUHAN & PERKEMBANGAN TANAMAN POHON

2012125-APEL-JAMBU

KULIAH_MANGGA.2012

Modul14-VITICULTURE

ASPEK-buah

ASPEK-PENTING-MODUL-1

Fruit Growth & Development

ii-pertumbuhan-perkembangan-buah

Kuliah Pembungaan 10

MAHASISWA-Pertumbuhan dan Perkembangan Buah 121010

modul3

modul5a-tmbh-kbng-buah

modul5b-tmbh-kbng-buah

modul5c-tmbh-kbng-buah

Pembibitan-buah

pembungaan-pembuahan

Rumah Keduaku di BOgor itu ‘Lab BEnih W8 L4′

Sejak Oktober 2012 yang lalu, rutinitas tiap hari adalah selain (masih) kuliah, pengamatan di lab benih wing 8 level 4 atau dengan nama lab ”SEED STORAGE AND SEED QUALITY TESTING LABORATORY”. Awalnya sih cuma berdua sama Sarah, Enik juga kadang-kadang, sama ada anak angkatan atas dan mahasiswa pascasarjana yang penelitian di lab ini. Mendekati November atau Desember, datanglah Nita, kadang juga ada Aci n Selvi. Terus sekarang ini juga udah ada Dira n Nurul. So, lab benih jadi makin rame tapi penghuni tetap yaaa aku,,, ada Nita juga…

Sekarang, walapun sudah semester 8 dan udah ga ada kuliah, tetep aja tiap hari ke kampus. gak seperti yang aku bayangkan. ternyata susah nyari waktu leyeh leyeh, buat istirahat sekalipun. Apalagi komoditas penelitian aku pengamatannya sampe 2 minggu dalam 1 periode tanam, Alias….

Chilli Seed-01 (640x427)

 

Benih Cabe….

Walaupun benihnya kecil, tapi pengamatan daya berkecambah n kecepatan tumbuhnya paling lama,, yah paling lamalah daripada jagung, caisin, kacang panjang, n kedelai,,,, sabarrrrr bu….. in nih yang bikin saya ga bisa pulang,,, januari kemaren aja bisa pulang tapi cuma 5 hari coz seninnya harus nanem lagi… -__-

Ups,, tapi penelitian gw ini ga cm bertempat di lab AGH doang, berhubung perlakuan gw pake bakteri (seed coating), jadi gw, Sarah n Enik yang notabene satu PS, ‘melebarkan sayap’ ke lab departemen tetangga,, PTN.. hehehe,, perjuangannya bueratt buangettt.. harus  sabar ngadepin si bakteri EKK10, P24 n AR1…. gak kebentuk-bentuk koloninyaaaa,,, bikin setreeeeesss,,,,

yah tapi harus gw jalani,, tapi tetep enakan di lab benih suasananya…

DSC01650

 

ada yang lagi belajar buat kolokium….

DSC01652

 

DSC01654

 

DSC01658

 

ada yang pengamatan….

DSC01655

 

dan ada yang bertukar pikiran dan pendapat a.k.a ngobrol,,, hehehe

Tapi, walaupun harus tiap hari ke lab, gw ngerasa seneng kok,,, karena ada temen, dan dengan ke kampus gw bisa up date info terbaru, hehehe

 

SEmangat Penelitian Semester 8!!!!!!!

Mei 2013 Seminar

Juni 2013 Ujian Skripsi

dan……

Juli 2013 , S.P.

 

Amiiiiin Ya Allah…

:)

 

Benih Itu Kecil tapi Indah Lhoo

Apa yang kamu pikirkan tentang Benih??

Kecil? Bagian dari tanaman? Dapat Tumbuh?

Selama kuliah di Departemen Agronomi dan Hortikultura IPB, sampai semester 7 ini, saya udah ngambil 3 mata kuliah yang berkaitan dengan Benih: Dasar Ilmu dan Teknologi Benih (Dastekben), Produksi dan Pengolahan Benih dan Penyimpanan dan Pengujian Mutu Benih. Penelitian yang saya lakukan topiknya juga tentang benih.

Bosen? Enggak tuh…

Karena saya menikmati sekali, walaupun setiap praktikum selalu menanam benih, uji Daya Berkecambahnya, uji Kadar Airnya dan lain-lainnya. Dan yang serunya  lagi, kalau buat laporan pasti ada gambar struktur kecambah normalnya,, dan ini yang saya suka….

Dan kalau tiap praktikum,, benih yang ditanam palingan yaaa kedelai, jagung, cabe, tomat, caisin, kangkung, padi…. nih contoh hasil karya saya….

DSC01644Ini contoh struktur kecambah padi, plumulanya sudah menjadi daun primer karena disebut plumula jika daun yang keluar dari koleoptil masih sangat kecil.
DSC01647

Kalo ini contoh gambar struktur kecambah jagung,,, dikatakan normal kalau akar seminalnya jumlahnya sudah lebih dari 2, tapi tetep struktur penting seperti akar primer dan plumulanya tumbuh baik

DSC01642

Ini contoh gambar struktur kecambah cabai, kotiledonnya seperti daun.

 

DSC01645

ini contoh gambar struktur kedelai, yang normal, kotiledonnya masih lengkap ada dua, dan juga hipokotil dan akarnya tidak bengkok.

DSC01646

Kalau ini contoh gambar struktur kecambah bawang,, sederhana, hanya ada akar dan kotiledon.

The Power of Agriculture

Sebagai mahasiswa yang mempelajari dan mendalami ilmu-ilmu pertanian, saya sangat bersyukur atas semua makhluk hidup yang diciptakan Tuhan. Tuhan (Allah SWT) telah menciptakan makhluk hidup dan organisme yang beragam bentuk, ukuran bahkan manfaat dan kegunaannya. Saya  juga tidak merasa saya salah masuk jurusan di salah satu dari 5 perguruan tinggi terbaik di Indonesia, dan perguruan tinggi di bidang pertanian terbaik di Indonesia.

Dulu, sebelum saya mengerti dan memahami fisolofi pertanian, saya menganggap pertanian itu bidang yang remeh, tidak penting, tidak ‘elegan’, panas-panasan dan yah mungkin beberapa kata lain yang dipikirkan orang awam mengenai pertanian. Akan tetapi, saya sekarang tahu dan mengerti, pertanian itu sangatlah penting, pertanian adalah bidang yang mendasari kemakmuran suatu bangsa dan negara. Hal tersebut, Amerika Serikat dan beberapa negara di Eropa serta Australia merupakan negara yang sangat maju. Selain maju di bidang industri, negara-negara tersebut juga maju di bidang pertanian. Kalau rata-rata kepemilikan lahan pertanian di Indonesia kurang dari 1 Ha/petani, di negara-negara tersebut rata-rata kepemilikan lahan pertanian sampai puluhan  hektar bahkan dapat mencapai ratusan hektar per petani. Walaupun kepemilikan lahan yang luas, petani-petani di sana tidak mendapatkan kendala yang cukup berarti karena pertanian di sana sudah menerapkan mekanisasi pertanian secara keseluruhan (100% mekanisasi).

Kalau sudah tidak ada lagi lahan pertanian karena semuanya sudah dikonversi untuk perumahan dan membangun pabrik, rakyat kita ini mau makan apa???

Konversi lahan yang terjadi akhir-akhir ini semakin parah. Lahan sawah untuk menanam padi, makanan pokok penduduk Indonesia semakin berkurang. Lahan perkebunan untuk menanam sayuran di dataran tinggi juga berkurang karena dikonversi menjadi vila.

Untuk mengatasi permasalahan yang ada, diperlukan sekali ‘elit-elit’ pertanian muda yang mampu menghadapi problematika tersebut. Di negara maju, keterbatasan lahan telah dapat diatasi dengan menerapkan teknik pertanian seperti hidroponik dan aeoroponik, selain itu juga terdapat teknologi vertikultur. Akan tetapi, teknologi tersebut belum dapat diterapkan dengan baik di Indonesia terutama bagi petani yang berpendidikan rendah dan bermodal kecil karena teknologi tersebut membutuhkan keahlian khusus dalam mengoperasikannya dan modal yang sangat besar. Sehingga solusi dan teknologi yang murah dan tepat guna sangat diperlukan. Pertanyaannya, seperti apakah teknologi yang murah tapi tepat guna dan dapat diterapkan secara terus-menerus itu??